Serviced Office VS Virtual Office: Apa Perbedaannya?


Serviced Office VS Virtual Office: Apa Perbedaannya?

Pengantar

Anda sedang merintis bisnis dan berencana memiliki kantor yang representatif? Bingung memilih jenis kantor karena beberapa istilahnya?

Mungkin anda pernah/sering mendengar Serviced Office dan Virtual Office, namun tidak tahu hal apa saja yang menjadi perbedaannya?

Keduanya adalah solusi untuk berkantor di era modern saat ini, Yuk simak perbedaan Service Office dan Virtual Office pada halaman ini sampai selesai!

Pengertian Serviced Office dan Virtual Office

Serviced Office adalah penyewaan ruangan kantor secara fisik berikut dengan fasilitas kantor yang ditawarkan.

Jika menyewa serviced office, anda memiliki hak atas penggunaan secara fisik dari ruangan kantor tersebut untuk anda bekerja bersama team setiap harinya dan dapat menikmati beragam fasilitas kantor yang ditawarkan oleh penyedia layanan yang tentunya menguntungkan bagi bisnis anda.

Harga sewa layanan serviced office yang biasa ditawarkan oleh para penyedia jasa layanan perkantoran ditentukan berdasarkan jumlah team yang akan bekerja diruangan tersebut. Biasanya para penyedia serviced office sudah menawarkan sewa ruangan sudah lengkap dengan meja kerja, kursi, dan layanan internet yang siap digunakan.


Berbeda dengan serviced office yang menyewakan kantor secara fisik, Virtual office adalah penyewaan kantor secara virtual/non fisik.

Dalam hal ini anda tidak menyewa kantor secara fisik, namun hanya menyewa alamat kantor tersebut sebagai alamat kantor/domisili perusahaan anda namun juga dapat menikmati fasilitas/layanan kantor yang ditawarkan.

Perbedaan Serviced Office dan Virtual Office

Oke saya sudah paham tentang pengertiannya, namun masih belum paham detail perbedaan antara serviced office dan virtual office?

Tenang, berikut rangkuman tabel perbedaan Service Office dan Virtual Office yang dapat kamu ketahui


Periode Sewa

Periode penyewaan serviced office umumnya mulai dari 3 bulan, 6 bulanan maupun tahunan. Periode sewa yang pendek ini dapat menjadi pilihan bagi perusahaan yang baru merintis, untuk mencoba kantor tersebut, dari segi lokasi, fasilitas, layanan, dan lainnya. Dengan periode sewa yang pendek ini menjadi lebih fleksibel untuk berpindah jika merasa kurang cocok dengan berbagai alasan.

Agak berbeda dengan virtual office, periode penyewaan virtual office pada umumnya minimal 1 tahun. Mungkin ada, tapi hanya sedikit yang menawarkan sewa virtual office kurang dari 1 tahun. 

Harga Sewa

Sehubungan dengan fasilitas yang diperoleh lebih banyak, maka pada umumnya harga sewa Serviced Office lebih mahal dibandingkan dengan Virtual Office. Sebagai perbandingan, serviced office mendapatkan ruangan khusus, lengkap dengan meja, kursi dan akses yang tidak terbatas. Sedangkan virtual office tidak mendapatkan ruangan khusus untuk bekerja, hanya ruangan meeting/ruangan komunal yang dapat diakses dengan pemesanan sebelumnya.

Fasilitas

Selain Pengertian, Jangka Sewa, dan Harga, tentu ada perbedaan lain nya yang tidak kalah menarik, yaitu Fasilitas apa saja apabila menyewa Serviced Office dan Virtual Office, yuk simak perbedaan dan fasilitas yang kalian dapatkan!

1. Ruang Meeting

Serviced Office dan Virtual Office sama-sama memiliki fasilitas ruang meeting, namun yang membedakannya umumnya adalah kuota ruang meeting yang anda dapatkan.

Jika anda menyewa serviced office di Infiniti Office, anda mendapatkan kuota unlimited untuk penggunaan ruangan meeting selama masa sewa masih berlaku. Dan menariknya lagi, selain unlimited kuota ruang meeting ini bisa digunakan di semua lokasi Infiniti Office di Jakarta, yaitu di 6 cabang (Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat).

Jika anda menyewa Virtual Office, anda dapat menggunakan ruang meeting sesuai dengan jenis paket yang anda pilih. Di Infiniti Office, kuota ruangan meeting yang tersedia adalah 60 hingga 90 jam per tahun. Kuota ruangan meeting ini juga dapat digunakan diseluruh cabang Infiniti Office.

Yang juga menguntungkan adalah, tidak adanya batasan waktu penggunaan ruang meeting dalam perhari/perbulannya, anda dapat menggunakannya selama kuota masih tersedia.

2. Alamat Domisili

Alamat Domisili merupakan salah satu fasilitas yang anda dapatkan apabila anda menyewa Serviced Office dan Virtual Office. Apakah yang dimaksud dengan domisili perusahaan?

Domisili perusahaan adalah surat yang memberikan keterangan bahwa anda memiliki alamat di lokasi/gedung tersebut. Domisili perusahaan biasa digunakan untuk keperluan administrasi/legalitas perusahaan anda.

Dokumen resmi yang akan diberikan oleh pihak penyedia layanan serviced office dan virtual office kepada penyewa adalah Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau biasa dikenal dengan SKDP. SKDP ini memiliki masa berlaku sesuai dengan periode sewa yang dibayarkan.

3. Layanan Resepsionis


Baik pengguna Serviced Office maupun Virtual Office akan mendapatkan layanan resepsionis. Jika anda menjadi tenant/penyewa di Infiniti Office, layanan resepsionis merupakan layanan utama yang diberikan. Infiniti Office ingin memberikan kemudahan dan layanan terbaik melalui resepsionis agar penyewa merasa seperti memiliki kantor sendiri.

Resepsionis Infiniti Office akan membantu anda untuk menerima telepon, menerima tamu, menerima surat dan dokumen, menyampaikan informasi, dan layanan kantor lainnya guna mendukung bisnis yang sedang anda jalani.

4. Layanan Korespondensi/Surat menyurat

Selain layanan resepsionis, layanan korespondensi/surat menyurat ini adalah hal yang utama dari layanan kantor Infiniti Office. Apabila anda  menjadi tenant/penyewa di Infiniti Office maka segala bentuk surat, dokumen, maupun paket yang ditujukan kepada alamat perusahaan anda di kantor Infiniti Office akan di bantu proses mulai dari penerimaan, penyampaian informasi, penyimpanan, hingga pengiriman by request.

Infiniti Office menggunakan API Chat Whatsapp untuk memberikan notifikasi real time kepada para penyewa agar dapat menerima informasi perihal kedatangan surat/dokumen secepat mungkin.

5. Loker Pribadi

Loker digunakan untuk menyimpan semua surat dan dokumen yang ditujukan kepada perusahaan anda. Infiniti Office memberikan fasilitas loker pribadi/khusus yang diberikan untuk penyewa Serviced Office.

Terdapat 2 jenis loker pribadi yang akan di berikan kepada penyewa serviced office, yang pertama didalam ruangan kerja masing-masing (hanya bisa diakses oleh staf pribadi, dan kedua yang berada di area resepsionis (hanya bisa diakses oleh resepsionis untuk menjaga perihal privasi dan administrasi)

Sedangkan untuk pengguna layanan virtual office, mereka pun akan mendapatkan layanan loker namun sesuai dengan paket yang diambil. Jika mengambil paket medium akan mendapatkan loker pribadi yang dikelola oleh resepsionis. Namun jika mengambil paket yang small, tidak mendapatkan loker pribadi melainkan bersamaan dengan penyewa lainnya. Tapi tenang saja, belum pernah ada kasus kehilangan surat di Infiniti Office karena semua administrasi terkontrol dengan baik.

6. Self Service Pantry

Di masing-masing kantor cabang Infiniti Office, disediakan self service pantry. Pantry ini dapat digunakan secara bebas baik oleh penyewa Serviced Office dan Virtual Office, namun tetap dengan menjaga kebersihan ya! Tersedia kopi, teh, cokelat, dan free flow air minum yang bisa anda nikmati untuk menemani jam meeting ataupun jam kerja anda.

7. Access Card

Kartu akses ini bisa anda gunakan apabila anda menggunakan layanan Serviced Office. Access card ini berfungsi sebagai kartu akses masuk ke gedung agar tidak perlu lagi menukar identitas dan sekaligus sebagai tanda pengenal. Sedangkan penyewa virtual office tidak mendapatkan kartu akses ini.

8. Company Signage

Fasilitas lainnya yang juga hanya dimiliki oleh Serviced Office adalah Company Signage. Signage ini akan dipasangkan di pintu ruangan serviced office sebagai identitas atau penanda ruangan. Sedangkan untuk penyewa Virtual Office, company signage tersedia secara temporer/tidak permanen. Hanya akan dipajang sesuai permintaan dan bergantian dengan penyewa lainnya. 

Penutup

Serviced Office dan Virtual Office merupakan alternatif solusi kebutuhan perkantoran di era modern saat ini. Keduanya sama-sama memberikan keuntungan bagi bisnis anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Jika sudah menyimak semua poin perbedaan antara Serviced Office dan  Virtual Office seperti yang dibahas diatas, silahkan tentukan kebutuhan anda sesuai dengan bisnis yang anda jalani saat ini! Info lebih lengkap mengenai layanan Office Infiniti Office silahkan kunjungi Layanan Office Infiniti


Penulis

Fega Azhari adalah Sales Representative Infiniti Office. Fega bertanggung jawab atas layanan terhadap klien/penyewa di Infiniti Office. Fega adalah lulusan di bidang Manajemen dan Administrasi Perkantoran.

Ketentuan Pengutipan Website

Apabila kamu ingin mengutip tulisan dari Infiniti kamu bisa atribut penulisan sumber dengan format dibawah ini:


⬇️ ⬇️ Copy paste ⬇️ ⬇️

Fega Azhari. "Serviced Office VS Virtual Office: Apa Perbedaannya?". Infiniti Blog [tanggal kamu akses]. https://infiniti.id/blog/office/serviced-office-vs-virtual-office-apa-perbedaannya
Logo Infiniti Blog

Superapp Bisnis #1 di Indonesia | Layanan Bisnis Super Lengkap: sewa office, layanan legalitas, layanan tax & accounting, layanan digital serta apps


Virtual Office Murah

Dengan Rp 2.3 juta / tahun, kamu bisa bebas meeting semua lokasi

Jakarta Utara | Jakarta Selatan | Jakarta Barat | Jakarta Pusat (NEW 2022)

lokasi infiniti office

google logo 1938++ Review

Avg 4.9 of 5

tanya infiniti
tanya infiniti