Perubahan Anggaran Dasar CV


Perubahan Anggaran Dasar CV

test


Anda dapat melakukan Perubahan akta anggaran dasar CV ketika perusahaan Anda mengalami perubahan kegiatan. Selain itu, Anda juga perlu mendaftarkan apa saja hal yang diubah dalam data anggaran seperti identitas pemilik dan lainnya. Berikut adalah panduan agar dapat mempermudah anda dalam melakukan hal tersebut.

Apa Itu CV?

CV atau Commanditaire Vennootschap dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan persekutuan komanditer. Badan usaha ini merupakan perusahaan yang didirikan oleh satu orang atau beberapa orang dan diatur dalam KUHD.

CV harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh undang-undang apabila ingin didirikan. Pembubaran CV juga dapat dilakukan dengan prosedur yang berlaku.

Dasar Hukum

Berikut peraturan pemerintah yang mengatur mengenai hal ini:

  1. KUHD Pasal 19-35
  2. Permenkumham No. 17 tahun 2018 tentang Pendaftaran persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma dan Persekutuan Perdata

Perubahan Akta Anggaran Dasar CV

Dokumen ini dibutuhkan ketika adanya perubahan pada:

Identitas Pemilik

Identitas pemilik yang dapat berubah adalah:

  1. Nama Lengkap
  2. Alamat
  3. Pekerjaan

Apabila terjadi perubahan pada poin - poin diatas, maka perubahan perlu dilakukan.

Kegiatan Usaha

Apabila Anda hendak merubah kegiatan usaha, tentunya hal itu akan berpengaruh pada banyak hal dalam sebuah perusahaan. Salah satu contoh perubahan kegiatan usaha bisa terjadi seperti berubahnya barang produksi atau jasa. Keuangan dan aspek lain dalam perusahaan akan terpengaruh. Oleh karena itu, dokumen ini perlu untuk diurus dan disetujui menteri.

Hak dan Kewajiban Pendiri

Perusahaan akan terkena dampak besar dengan perubahan pada hak dan kewajiban pendiri tentunya. Bukan hanya mempengaruhi kinerja dari pendiri, hal ini juga akan mengubah aspek lain seperti alur kerja dan lainnya. 

Jangka Waktu

Para pendiri biasanya memiliki kesepakatan dalam menentukan jangka waktu perusahaan dalam membangun sebuah perusahaan. Apabila terdapat perubahan pada jangka waktu pendirian perusahaan, maka dokumen ini perlu diurus.

Syarat Pendaftaran Perubahan Akta Anggaran CV

Anda perlu melaporkan perubahan ini paling lambat dalam 30 hari kerja. Berikut dokumen yang harus dilengkapi:

  1. Surat pernyataan elektronik yang menyatakan kelengkapan dokumen perubahan.
  2. Pernyataan dari korporasi terkait kebenaran informasi pemilik manfaat persekutuan komanditer.
  3. Surat elektronik pernyataan format isian perubahan serta keterangan pada dokumen pendukung sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Bagaimana prosedur Pendaftaran Perubahan Akta Anggaran Dasar CV?

Dengan menggunakan Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH), pendaftaran dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Mengajukan Permohonan

Untuk mempermudah dalam mengajukan permohonan, Anda dapat mengajukan permohonan melalui SABH secara online dengan mengakses laman sab.ahu.go.id pada Direktorat jenderal Administrasi Hukum Umum Depkumham RI.

Perubahan Akta Anggaran Dasar CV Ditujukan pada Menteri Hukum dan HAM

30 hari terhitung sejak tanggal akta notaris memuat perubahan adalah jangka waktu paling lama untuk ada menyampaikan perubahan kepada Menteri. Hal ini juga berlaku untuk badan usaha Firma dan Persekutuan Perdata.

Melengkapi Dokumen Pendukung Perubahan Akta  Anggaran Dasar CV

Pernyataan elektronik dari pemohon mengenai dokumen perubahan akta anggaran dasar CV dan pernyataan dari korporasi mengenai kebenaran informasi pemilik manfaat CV adalah dokumen pendukung yang diperlukan.

Dokumen Disimpan Oleh Notaris

Berikut adalah beberapa dokumen yang disimpan oleh notaris:

  1. Akta tentang perubahan
  2. Notula rapat
  3. Fotokopi NPWP yang telah dilegalisasi oleh notaris
  4. Bukti pembayaran pendaftaran

SK Menteri

Apabila surat permohonan dinyatakan diterima, SK Menteri akan diterbitkan otomatis dari sistem SABU. Notaris dapat langsung melakukan pencetakan SKT 

Sekian ulasan mengenai hal ini. Semoga dapat membantu anda dalam mengurus perubahan data pada perusahaan anda. Jika ada membutuhkan jasa pendirian CV, bisa hubungi kami.

Penulis

Shari adalah Partner Legal di Infiniti. Memiliki banyak pengalaman dalam pendirian badan usaha khususnya market entry solution di Indonesia. Shari bertanggung jawab atas operasional Divisi Legal untuk memberikan pelayanan terbaik.

Ketentuan Pengutipan Website

Apabila kamu ingin mengutip tulisan dari Infiniti kamu bisa atribut penulisan sumber dengan format dibawah ini:


⬇️ ⬇️ Copy paste ⬇️ ⬇️

Shari S. Warisman. "Perubahan Anggaran Dasar CV". Infiniti Blog [tanggal kamu akses]. https://infiniti.id/blog/legal/perubahan-anggaran-dasar-cv
Logo Infiniti Blog

Superapp Bisnis #1 di Indonesia | Layanan Bisnis Super Lengkap: sewa office, layanan legalitas, layanan tax & accounting, layanan digital serta apps


Virtual Office Murah

Dengan Rp 2.3 juta / tahun, kamu bisa bebas meeting semua lokasi

Jakarta Utara | Jakarta Selatan | Jakarta Barat | Jakarta Pusat (NEW 2022)

lokasi infiniti office

google logo 2030++ Review

Avg 4.9 of 5

tanya infiniti
tanya infiniti