Perum VS Persero: Pengertian dan Perbedaan


Perum VS Persero: Pengertian dan Perbedaan

test


Pastinya anda pernah mendengar istilah Perum dan Persero. Apakah Perum dan Persero itu? Apa perbedaan Perum dan Persero?

Apabila anda adalah seorang pengusaha, pengetahuan perbedaan mengenai ragam bentuk perusahaan merupakan hal yang penting untuk diketahui. Apa saja bentuk perusahaan, jika dikategorikan berdasarkan skala modal, kepemilikan, tujuan dibentuknya, dan lain-lain. Perusahaan Umum dan Perusahaan Persero adalah merupakan bentuk perusahaan yang juga penting untuk anda ketahui. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang Perusahaan Umum atau perum ini dan perbedaannya dengan Persero.

Pengertian Perusahaan Umum

Perusahaan Umum atau Perum adalah perusahaan yang seluruh modalnya adalah milik negara. Perusahaan bentuk ini merupakan bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Perum dahulu disebut juga dengan Perusahaan Negara atau PN. Seperti perusahaan pada umumnya yang berorientasi profit, perusahaan ini juga bertujuan untuk mendapatkan laba/keuntungan. Bedanya, keuntungan dari perusahaan ini dikategorikan menjadi pendapatan negara.

Perum memiliki sifat yang mirip dengan perusahaan jawatan dan perseroan terbatas. Hal ini karena perum boleh mengejar keuntungan disamping memberikan pelayanan publik.

Tujuan Utama Perusahaan Umum

Pelaku usaha tentu memiliki tujuan tertentu dalam mendirikan perusahaan. Tujuan utamanya yaitu:

  1. Melayani masyarakat
  2. Mencari keuntungan

Dasar Hukum

Berikut peraturan pemerintah tentang perusahaan umum:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 1998 tentang Perusahaan Umum
  2. PP Nomor 38 Tahun 2018 tentang Perusahaan Umum
  3. Undang-undang Nomor 9 tahun 1969 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 1969 (Lembaran negara Tahun 1969 Nomor 16; Tambahan Lembaran Negara Nomor 2890) tentang Bentuk-Bentuk Usaha Negara Menjadi Undang-Undang.

Ciri - Ciri Perusahaan Umum

Ada beberapa ciri - ciri perusahaan umum, yaitu:

  1. Berstatus sebagai badan hukum
  2. Modal yang dimiliki diperoleh dari aset negara yang dipisahkan dari kekayaan negara
  3. Permodalan tidak terbagi atas saham
  4. Bertujuan untuk melayani kepentingan umum dan untuk mencari keuntungan
  5. Untuk perusahaan yang go public, modal dapat berupa saham maupun obligasi
  6. Mencari keuntungan dalam rangka mengisi kas negara
  7. Pimpinan Perum adalah Direksi atau Direktur
  8. Dapat membuat kontrak kerja secara bebas dengan semua pihak
  9. Karyawan berstatus sebagai pegawai perusahaan
  10. Laporan tahunan membutuhkan pengesahan oleh pemerintah melalui penyampaian kepada menteri, atas nama pemerintah
  11. Perum memiliki kekayaan sendiri
  12. Perum bergerak di bidang jasa layanan umum
Lihat juga: Mau cek 1.3 juta Company Profile Perusahaan di Indonesia. Lihat disini

Fungsi Perusahaan Umum

Perusahaan Umum merupakan bagian dari BUMN, yang memiliki fasilitas:

  1. Perum memberikan kontribusi keuntungan yang diperoleh pada perkembangan ekonomi Indonesia
  2. Perum memberikan kontribusi bagi pendapatan negara
  3. Perum dapat menjadi pionir aktivitas atau kegiatan usaha
  4. Perum dapat berperan aktif dalam memberi penyuluhan, bimbingan, maupun bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, masyarakat, maupun koperasi
  5. Perum dapat memberi manfaat sebagai penyedia barang atau jasa bermutu tinggi dan mencukupi kebutuhan masyarakat

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Umum

Setiap bentuk usaha tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga Perusahaan Umum atau Perum ini. Berikut kami rangkumkan kelebihan dan kekurangan Perum:

Kelebihan Perusahaan Umum

Beberapa kelebihan Perusahaan Umum yaitu:

  1. Pemerintah dalam Perum berperan sebagai pemilik modal, sehingga pengawasan dan pengontrolan kinerja perusahaannya dapat lebih mudah diawasi
  2. Perum bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus berorientasi profit guna mengisi kas negara
  3. Perum bergerak di bidang usaha yang memberikan layanan untuk hajat hidup orang banyak guna mencegah monopoli dari pihak swasta

Kekurangan Perusahaan Umum

Adapun beberapa kekurangan Perum diantaranya:

  1. Perum memiliki tingkat produktivitas karyawan yang masih di bawah PT
  2. Perum kurang berperan dalam meningkatkan sektor lapangan kerja dan mengurangi pengangguran dan kemiskinan karena terbatasnya akses pekerjaan di Perum bagi masyarakat umum
  3. Dikhawatirkan terjadi pemborosan dalam pemanfaatan modal kerja, sehubungan tidak adanya persaingan dalam pasar

Contoh Perusahaan Umum

Berikut ini adalah beberapa contoh Perum, diantaranya mungkin ada yang sudah pernah anda dengar:

Perum Peruri


Perum Peruri mungkin menjadi salah satu Perum yang paling dikenal, karena Perum Peruri adalah Perusahaan satu-satunya yang mencetak uang rupiah untuk negara Republik Indonesia. Adapun kepanjangan Perum Peruri adalah Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia. Perum Peruri memproduksi uang kertas, uang logam, maupun kertas berharga negara lainnya.

Perum Pegadaian

Linktree

Perum Pegadaian merupakan BUMN yang bergerak di bidang lembaga keuangan atau pembiayaan. Pegadaian merupakan anak usaha dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berperan dalam penyediaan pembiayaan, emas, dan beragam jasa keuangan. Belakangan pegadaian semakin dikenal masyarakat karena memudahkan dalam bertransaksi emas dan pembiayaan dengan bunga rendah.

Perum Damri


Perum Damri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang layanan pengangkutan penumpang dan barang di darat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jika anda berada di kota besar, tentunya anda pernah menemui Damri di jalan, karena layanan ini biasa digunakan di keseharian masyarakat untuk bermobilisasi antar kota pada beberapa daerah.

Perum Perhutani


Perum Perhutani atau yang biasa disebut Perusahaan Umum Kehutanan Negara dalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya hutan. Perum Perhutani mengelola sumber daya hutan mulai dari aktivitas perencanaan, pengusahaan sumber daya, pengurusan ekosistem, serta perlindungan hutan.

Perum PNRI

Kepanjangan/Singkatan dari Perum PNRI adalah Perusahaan Umum Percetakan Negara Republik Indonesia. Perum ini adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang percetakan dokumen negara. Perum ini telah berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda pada tahun 1809 dan berperan dalam mencetak dokumen-dokumen negara.

Perbedaan Perum dan Persero

Sudah paham apa itu Perum dan contoh-contohnya. Lalu apakah perbedaan Perum dan Persero?
Berikut ini kami bahas beberapa perbedaan yang terdapat pada Persero dan Perum yakni:

Perum

Sesuai dengan penjelasan diatas yang kami rangkum mengenai Perum, dimana seluruh modal dari Perum berasal dari negara. Adapun kekayaan dan modal yang dimiliki Perum merupakan kekayaan negara yang dihitung secara terpisah. Permodalan dalam Perum ini juga dihitung secara keseluruhan, artinya tidak terbagi menjadi saham kepemilikan. Adapun tujuan didirikannya Perum adalah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bukan hanya mencari keuntungan saja.

Persero

Sedangkan bedanya Perum dengan Persero adalah Persero merupakan sektor BUMN lain yang juga kepemilikannya adalah milik negara namun kepemilikan modalnya terbagi atas saham. Minimal sebesar 51% dari permodalannya adalah milik negara. Adapun tujuan didirikannya Persero adalah profit oriented atau mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Demikian rangkuman dan penjelasan mengenai Perum dan Perbedaannya dengan Persero. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Penulis

Shari adalah Partner Legal di Infiniti. Memiliki banyak pengalaman dalam pendirian badan usaha khususnya market entry solution di Indonesia. Shari bertanggung jawab atas operasional Divisi Legal untuk memberikan pelayanan terbaik.

Ketentuan Pengutipan Website

Apabila kamu ingin mengutip tulisan dari Infiniti kamu bisa atribut penulisan sumber dengan format dibawah ini:


⬇️ ⬇️ Copy paste ⬇️ ⬇️

Shari S. Warisman. "Perum VS Persero: Pengertian dan Perbedaan". Infiniti Blog [tanggal kamu akses]. https://infiniti.id/blog/legal/perbedaan-pengertian-perum-dan-persero
Logo Infiniti Blog

Superapp Bisnis #1 di Indonesia | Layanan Bisnis Super Lengkap: sewa office, layanan legalitas, layanan tax & accounting, layanan digital serta apps


Virtual Office Murah

Dengan Rp 2.3 juta / tahun, kamu bisa bebas meeting semua lokasi

Jakarta Utara | Jakarta Selatan | Jakarta Barat | Jakarta Pusat (NEW 2022)

lokasi infiniti office

google logo 2030++ Review

Avg 4.9 of 5

tanya infiniti
tanya infiniti