Inilah Dasar Hukum Diperbolehkannya Virtual Office Di 2017

Last updated 22 Juni, 2017
mendirikan-pt-pendirian-pt-pembuatan-pt

Inilah Dasar Hukum Diperbolehkannya Virtual Office Di 2017


Virtual office merupakan istilah baru dalam praktik bisnis di Indonesia. Sebelumnya penggunaan virtual office kerap digunakan dalam praktik bisnis di luar negeri, akan tetap akhir-akhir ini virtual office sangat happening terutama bagi pengusaha di Jakarta.

Kemunculan virtual office dimulai dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi atau yang disebut sebagai Perda Zonasi (download Disini.)

Sebenernya sejak kapan istilah virtual office itu muncul? Dan apakah hal virtual office memiliki persepsi yang positif atau negatif?

Ps: Untuk saat ini zonasi hanya diatur di DKI Jakarta saja.

Tentang Kebijakan Zonasi

Kenapa Dilakukan Zonasi?

Perda Zonasi ditetapkan dan ditandatangani tanggal 17 Februari 2014 oleh Gubernur Joko Widodo. Tujuan dikeluarkannya Perda ini apabila mengacu kepada bagian menimbang adalah untuk mengendalikan pemanfaatan ruang sehingga pembangunan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif, sehingga kualitas ruang terjaga keberlanjutannya untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Dengan alasan seperti itu, maka pemerintah DKI Jakarta beramibisi untuk mengatur fungsi-fungsi ruang di Jakarta agar tidak berantakan. Contohnya adalah wilayah industri untuk kegiatan industri. Dalam Perda Zonasi, wilayah industri hanya berada di Pulogadung, Cakung, Cengkareng. Dan tidak ada wilayah industri misalnya di Kebayoran Baru, karena wilayah Kebayoran Baru tidak layak untuk kegiatan industri.

Hal Penting Zonasi Bagi Pengusaha?

Banyak perusahaan pemula yang belum memiliki kemampuan untuk menyediakan suatu tempat usaha gedung atau ruko sehingga banyak pengusaha yang memutuskan untuk mendirikan domisili perusahaan dirumah.

Dengan diberlakukannya Perda Zonasi, sudah tidak boleh lagi mendirikan usaha di rumah, dan apabila bukan di rumah - misalkan di ruko, maka ruko tersebut harus berada di zonasi Perkantoran (warna ungu) atau Campuran (warna ungu) yang akan dijelaskan dibawah.

Bagaimana apabila ruko tersebut ternyata berada di zona pemukiman (warna kuning)? Apabila demikian, maka tidak bisa mendirikan PT di alamat tersebut atau nantinya tidak akan diberikan izin usaha atas alamat tersebut.

Cara Mengetahui Zonasi Usaha

Cara mengetahui zonasi usaha adalah dengan melihat Lampiran Perda Zonasi yang bisa dilihat disini.

Selain itu apabila untuk melihat zonasi per Kecamatan bisa dilihat dari website Sindikat dimana peta dapat secara jelas dilihat per kecamatan.

mencari zonasi

Contoh melihat zonasi Kecamatan Kebayoran Baru

Setelah loading gambar, maka akan keluar Peta Zonasi Kebayoran Baru

peta zonasi kebayoran baru
Bagaimana Apabila Tidak Sesuai Zonasi

Contoh apabila Anda berusaha dalam bidang software house dan menyewa lokasi usaha Jalan Senopati seperti yang di tunjukkan di gambar dibawah ini yang berada di zonasi R.4 atau Sub Zona Rumah Sedang, maka daerah tersebut diperuntukkan untuk rumah sedang dan atas usaha Anda tidak akan dikeluarkan izin usaha.

zonasi Senopati

Dengan demikian karena usaha Anda berada di zonasi pemukiman, maka kegiatan usaha software house tidak akan bisa dikeluarkan izin SIUP untuk kegiatan usaha yang Anda lakukan.

Ini tentu saja sangat memberatkan bagi pengusaha pemula yang belum memiliki modal untuk menyediakan domisili usaha di gedung ataupun ruko dengan zonasi usaha. Ini tentu saja bertolak belakang dengan keinginan pemerintah yang ingin menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya melalui kegiatan entrepreneurship.

Diaturnya Penggunaan Virtual Office

Karena Perda Zonasi dianggap tidak mendukung iklim usaha yang kondusif di DKI Jakarta karena dirasa memberatkan pengusaha pemula yang tidak bisa menyediakan alamat bisnis yang proper, akhirnya melalui Surat Edaran Kepala BPTSP DKI Jakarta No. 6 tahun 2016 tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili Dan Izin-Izin Lanjutannya Bagi Pengguna Virtual Office dikeluarkan (download disini.)

  • Pasal Yang Mengatur

    Diperbolehkannya virtual office diatur dalam Butir 1 Surat Edaran, yaitu:

    1. Surat Keterangan Domisili perusahaan/ badan usaha/ perusahaan / perorangan/ koperasi berkantor virtual (virtual office) dan izin usaha lanjutannya (misalnya SIUP, TOP, TDUP, IUJK, dan lain-lain) dapat diberikan kepada pelaku usaha pengguna virtual office yang merupakan:
    • a) Badan usaha yang telah memiliki kantor atau lokasi aktivitas usaha yang sesuai dengan zonasi dan harus dibuktikan dengan dokumen yang sah misalnya SKDBU atau lzin Usaha yang mencantumkan lokasi kantor atau lokasi aktivitas usaha tersebut
    • b) Badan usaha/perusahaan perorangan yang beraktivitas di rumah tinggal atau di lokasi non-permanen (seperti co-working space atau ruang pub!ik lainnya yang tidak menetap) yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
    • i. Tidak mengubah fungsi rumah tinggal
    • ii. Tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat usaha ataupun lahan parkir
    • iii. Tidak menimbulkan polusi air, udara, atau suara melebihi skala rumah tangga
    • iv. Tidak menggunakan pera!atan atau mesin yang otomatis dalam proses produksi
    • v. Tidak mengganggu ketertiban lingkungan
    • Badan usaha / perusahaan perorangan tersebut harus melampirkan dokumen resmi atas nama dua orang penanggung jawab; jika merupakan badan usaha diwakili oleh dua orang anggota direksi, jika merupakan perusahaan perorangan diwakili oleh pemilik usaha dan satu penjamin:
    • - KTP (salah satu direksi/pemilik usaha harus :memiliki KTP DKI Jakarta);
    • - Kartu Keluarga;
    • - NPWP Perorangan;
    • - Data rekening dan surat rekomendasi dari bank;
    • - Surat Pernyataan bermaterai yang menyatakan kesanggupan memenuhi kriteria i-v tersebut di atas.

Pengertian Virtual Office

Dalam Surat Edaran tersebut tidak secara tegas dijelaskan apakah pengertian virtual office. Akan tetapi kami mencoba memberikan definisi sebagai berikut.

Virtual Office adalah alamat usaha tanpa kegiatan fisik suatu usaha atau ruang kantor. Kegiatan virtual office memungkinkan para pelaku usaha untuk bekerja dari manapun atau tempat lain misalnya menggunakan laptop atau telpon genggam, dengan atau tanpa koneksi internet.

Keuntungan & Kerugian Virtual Office

Dikeluarkannya peraturan yang mengatur tentang penggunaan virtual office Jakarta tentu saja memberikan angin segar bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha di Jakarta untuk mengurangi agar bisa melakukan kegiatan usaha di rumah, tanpa dibebani biaya operasional menyewa kantor di zonasi komersial yang tentu saja lumayan sangat mahal, terutama bagi pengusaha pemula.

Keuntungan virtual office:

  1. Menghemat biaya operasional karena tidak perlu menyewa gedung perkantoran dan menyediakan fasilitas dan peralatan kantor
  2. Memiliki branding yang baik karena alamat virtual office akan berada di area pusat bisnis
  3. Bekerja fleksibel. Dengan virtual office tidak lagi terkekang harus bekerja di kantor
  4. Bekerja kapanpun. Anda tidak lagi harus membayar biaya overtime apabila ingin melakukan kerja lembur

Kerugian virtual office:

  1. Izin usaha hanya diberikan terbatas, misalnya TDP untuk perusahaan virtual office hanya diberikan 1 tahun dan dapat diperpanjang. Apabila bukan virtual office bisa diberikan TDP 5 tahun
  2. Kesulitan apabila ada klien / pemerintah yang akan melakukan survey tempat usaha

Demikianlah Dasar Hukum Diperbolehkannya Virtual Office, yang membantu pelaku usaha pemula untuk mengurangi biaya operasional dan terutama izin usaha akan bisa diberikan dari pemerintah Jakarta. Apabila ada pertanyaan, mohon disampaikan di kolom komentar. Dan apabila artikel ini berguna, silahkan share ke teman kamu dengan klik share button dibawah ini!

gratis

3 Comments
  • Avatar
    Jane Lovell, September 8 Reply

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

    • Avatar
      Tim Jackson, September 8 Reply

      Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

  • Avatar
    Roland Sims, September 9 Reply

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.


Leave A Comment
Pembayaran
  • Pm 1
  • Pm 2
  • Pm 4
  • Pm 5
Keamanan Pembayaran
  • Pm 1
  • Pm 2
  • Pm 3
  • Pm 4